Thursday 19 April 2012

Cara Meningkatkan Resolusi


Jika anda memiliki monitor jadul atau menggunakan netbook dengan kapasitas layar terbatas akan menemui masalah dengan resolusi, untuk mengatasi resolusi yang terbatas ini bisa di tingkatkan dengan aplikasi Newrez yang merupakan aplikasi untuk desktop Gnome.

Cara instalasi:
1. Download newrez dari gtk-apps.
2. Didalam file zip, terdapat 2 file – newresz and newresz-v. Ekstak 2 file tersebut dan tempatkan newresz pada “Home -> .gnome2 -> folder nautilus-scripts” . Jika folder nautilus-scripts tidak ada maka kita harus membuatnya.
3. Selanjutnya, matikan nautilus dengan memasukan perintah di teminal “killall nautilus”.
4. Pada desktop, klik kanan dan navigasi ke “Scripts -> newresz”. Tampil seperti di bawah ini:
5. Masukan resolusi yang anda inginkan, misal 1280 atau 1920 dan klik OK. Jika lancar layar akan secara otomatis menyesuaikan dengan resolusi yang baru.

Masalah-masalah yang timbul:

1. Script tidak berjalan
1. Pastikan anda menggunakan Gnome.
2. Script ini dites di vga onboard intel dan berjalan baik, tetapi untuk AMD dan Nvidia karena tidak menggunakan Xrandr akan menemui masalah.
2. Tidak ada menu restore untuk mengembalikan ke resolusi sebelumnya. Untuk melakukan itu jalankan scriptnya lagi dan set ke resolusi semula.
3. Layar hasil resolusi baru timbul kotak hitam dan mouse tidak bisa ke kotak itu. Hal ini terjadi karena menggunakan Gnome 3.x dan ini merupakan bug dan belum terselesaikan. Untuk mengatasi ini pake metode yang lain:

Ingat tadi ada 2 file dalam file zip. File yang lain adalah newrez-v yang merupakan alternatif dari newrez dan bekerja dalam semua system. Trik dibawah ini adalah membuat vnc server pada resolusi tinggi dan menjalankan vncviewer pada mode scale.

1. Jalankan terminal dan ketik:
sudo apt-get install vnc4server gdm
2. Selanjutnya, buka file newrez-v dengan editor teks. Cari baris paling bawah (sekitar baris 81),rubah nilai ke ’24′ dan geometry screen size ke yang kita inginkan (Contohnya: 1920 x 1080)
$server :99 -name marc41:newrez -depth 24 -geometry 1920x1080 >/dev/null 2>&1
Simpan dan tutup file.
3. Buka terminal dan jalankan file newrez-v 
path/to/newrez-v
Ingat path harus diganti ke letak file newrez-v.



◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. I wanna be - All Rights Reserved inovLy media online by inforZa